Selasa, 14 Mei 2013

SEJARAH BOROBUDUR VERSI ISLAM



Banyak dari sebagian masyarakat di Indonesia, bahkan di dunia bahwa candi borbudur adalah peninggalan dari kerajaan hindu pada zaman dahulu. Candi Borobudur di dalam cerita sejarah dibangun oleh kerabat wangsa syailendra kurang lebih pada masa Abad ke-8 Masehi.
Namun sebuah kelompok  orang dari Lembaga Studi Islam dan Kepurbakalaan  melakukan sebuah penelitian yang di pimpin oleh Pak Fahmi Basya dosen Matematika Islam UIN syarif Hidayatullah menyimpulkan bahwa kisah nabi Sulaiman itu tidak bisa dipisahkan dari tanah jawa (Negeri Saba’) dan juga nabi Sulaiman mempunyai peninggalan berupa sebuah candi Borobudur, jadi menurut peneliti tersebut candi Borobudur adalah peninggalan nabi Sulaiman. Membaca hasil penelitian ini tentu anda akan mengernyitkan dahi, atau bahkan tidak percaya. Menurut Sami bin Abdullah al-Maghluts, dalam bukunya Atlas Sejarah Nabi dan Rasul, Nabi Sulaiman diperkirakan hidup pada abad ke-9 Sebelum Masehi (989-931 SM), atau sekitar 3.000 tahun yang lalu. Sedangkan candi Borobudur dibangun setelah masehi. Tapi tidak menurut Pak Fahmi Basya, Borobudur sudah ada sejak sebelum Masehi tuturnya.
Dalam bukunya, KH Fahmi Basya menuturkan beberapa ciri-ciri Candi Borobudur yang menjadi bukti sebagai peninggalan putra Nabi Daud tersebut. Di antaranya, hutan atau negeri Saba, makna Saba, nama Sulaiman, buah maja yang pahit, dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba, Kisah nabi Yunus di relief candi dan lainnya. Dalam Alquran, kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba disebutkan beberapa kali dalam al quran surah An-Naml [27]: 15-44, Saba [34]: 12-16, al-Anbiya [21]: 78-81, dan lainnya. Tentu saja, banyak orang yang tidak percaya bila Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman.
Banyak bukti yang dipaparkan oleh pak Fahmi Basya, salah satunya adalah banyak relief yang mengambarkan kisah-kisah yang ada didalam AlQuran seperti kisah nabi Yunus yang dilempar dari kapal yang penuh dan dimakan oleh sebuah ikan seperti gambar di bawah ini.


Melalui relief-relief yang ada lainnya, memang terdapat banyak simbol, yang mengesankan dan identik dengan kisah Sulaiman dan Ratu Saba, sebagaimana seperti keterangan Alquran. Pertama adalah tentang tabut, yaitu sebuah kotak atau peti yang berisi warisan Nabi Daud AS kepada Sulaiman. Konon, di dalamnya terdapat kitab Zabur, Taurat, dan Tingkat Musa, serta memberikan ketenangan. Pada relief lain yang terdapat di Borobudur, tampak peti atau tabut itu dijaga oleh seseorang. “Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: ‘Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman’.” (QS Al-Baqarah [2]: 248).
Negeri Saba ada di Indonesia, yaitu Wonosobo (Wana – Saba). menurut bahasa jawa, Wana artinya hutan dan Saba adalah negeri Saba/tempat berkumpul . Dalam Alquran, wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba [34]: 15).  Jadi, menurut Fahmi, wana saba atau Wonosobo adalah hutan Saba.
Masih banyak lagi bukti-bukti yang dipaparkan oleh sang peneliti KH Fahmi Basya didalam buku yang ia tulis.
 
 

Menurut literatur yang ada, candi Borobudur adalah sebuah candi Budha. tapi lain halnya menurut pak Fahmi Basya, Candi Borobudur adalah sebuah peninggalan Islam, tepatnya peninggalan Nabi Sulaiman ribuan tahun yang lalu. Tidak main-main, pak Fahmi Basya melakukan penelitian selama 35 tahun dan bukti yang didapat sangat kuat dan juga hasil penelitian tersebut didukung dalil didalam ayat-ayat Al-Quran. Dalam membaca Sejarah Candi Borobudur Versi Islam, Ada baiknya anda juga membaca : Kisah Nabi Sulaiman di Tanah Jawa.



Menurut cerita yang dipaparkan, Candi Borobudur terletak di daerah kekuasaannya Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman adalah nabi yang diberi mukjizat bisa berbicara dengan hewan, juga dapat memerintah jin dengan ijin Allah. Ada seekor burung yang menghilang ketika dicari oleh Sulaiman, burung itu adalah burung Hud-Hud. Sewaktu Sulaiman bertemu dengan burung tersebut, maka burung Hud-Hud melaporkan sebuah alasan yang kuat kenapa ia menghilang dari Sulaiman. Alasan tersebut sekaligus meredam kemarahan Sulaiman atasnya. Sewaktu menghilang Burung Hud-Hud melintasi sebuah negeri, yaitu negeri Saba’ dan para penduduknya menyembah selain Allah, yaitu menyembah Matahari. Juga ada seorang ratu yang menjadi pemimpinnya.



Nabi Sulaiman pun memaklumi alasan tersebut kemudian menyuruh burung Hud-Hud untuk menyampaikan sebuah surat yang ditujukan kepada ratu Saba’, ratu yang menjadi pemimpin negeri Saba’. Surat itu tak lain adalah surat agar Ratu dan penduduk negeri Saba’ bertaubat dan berserah diri kepada Allah. Ratu Saba’ pun kemudian bertabat dan berserah diri. Nabi Sulaiman pun memerintahkan jin untuk memindahkan singgasana ratu Saba ke istananya Sulaiman dalam waktu sekejap sebelum ratu Saba’ datang ke Sulaiman. Singgasana ratu Saba’ adalah singgasana ratu Boko yang ada di Sleman, Yogyakarta, dan dipindahkan ke atas Borobudur di Magelang. terbukti di Istana Ratu Boko ada singgasana yang hilang serta sisa-sisa bangunan tempat berkumpul untuk menyembah matahari. jadi Borobudur itu adalah sebuah bangunan buatan jin atas perintah Nabi Sulaiman. Dari segi relief pun banyak yang menggambarkan cerita Nabi Sulaiman.
 

Senin, 13 Mei 2013

HEM BATIK ETNIK

BATIK TULIS ETNIK
Batik tulis adalah salah satu jenis hasil produksi batik yang cara / teknik pembuatan motifnya langsungdi tulis secara manual.


Cara Perawatan Kain Batik :
  1. Sebaiknya jangan  mencuci kain batik tulis dengan menggunakan mesin cuci, Sebab kain batik tulis perlu    penanganan ekstra hati-hati, maka cuci saja dengan menggunakan tangan.
  2. Saat kain batik tulis dijemur, usahakanlah agar tidak terkena pancaran sinar matahari secara langsung cukup dengan diangin-angin saja
  3. Saat disetrika, usahakan menggunakan kain pelapis, maksudnya supaya kain batik tulis tidak langsung menempel dengan setrika panas.
  4. Saat kain batik tulis hendak disimpan, perlu penempatan yang tepat, lipatlah kain batik tulis kemudian bungkus dengan kertas minyak atau plastik pembungkus.
  5. Jangan menggunakan kapur barus dalam lemari yang dijadikan tempat menyimpan kain batik tulis karena bisa merusak warna kain batik. 
  6. Upayakan kain batik tulis yang disimpan dalam lemari dibuka setiap dua minggu sekalli, lalu diangin-angin selama 10 sampai 15 menit untuk mengusir bau apek yang biasa terdapat dalam lemari karena suhu yang lembap di dalamnya.

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 01)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 02)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 03)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 04)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 05)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 06)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 07)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 08)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 09)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 10)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 11)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 12)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 13)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 14)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 15)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb


Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 16)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 17)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 18)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 19)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 20)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 21)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 22)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 23)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 24)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 25)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb

Hem Batik Etnik motif suku Asmat .. (BE 26)
ukuran : M to fit XL
harga :150rb